Terabaikan, Empat Ruangan SMPN 9 Manado Tidak Layak Pakai

Daglan Buka Sosialisai Sekolah Pengerak di SMPN 1 Manado
Februari 18, 2021
Komisi X Dorong Vaksinasi Guru Segera Dituntaskan
Februari 25, 2021

MANADO,Lingmanado.com – Patut diacungkan jempol semua sekolah yang mendapat Dana Alokasi Khusus 2020 (DAK) baik SD maupun SMP  negeri maupun swasta di Kota Manado sudah selesai  dan tinggal menunggu peresmian.

Hasil pantauan Jurnalis  Pendidikan  Manado Cerdas (JPMC) menunjukkan, sarana prasarana untuk mencerdaskan anak bangsa di tengah Pandemic Covid-19  semakin memadai.

Namun sangat disayangkan, ada salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 9 yang ada di Kota Manado seperti terabaikan. Masalahnya, sudah cukup lama empat ruangan tempat anak-anak menuntut ilmu  tersebut tidak bisa dugunakan lagi.

Kepala SMPN 9 Manado Suzan Thomas mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kota Manado namunhingga kini belum ada respons positif. “Kami tidak tau kapan akan ada perbaikan, padahal saat ini adalah kesempatan untuk membangun karena anak-anak sekarang belajar dari rumah,” jelasnya.

Pantauan wartawan, sekolah lain baik negeri maupun swasta di Kota Manado banyak yang mendapatkan  DAK tahun 2020. Dan sekarang sudah selesai  tinggal menunggu peresmian, sementara SMPN 9 masih tertinggal.

Menurut Kepsek, empat ruangan tersebut tidak layak  lagi dipakai karena selain gedungnya sudah rapuh lantainya sudah pecah bahkan dasarnya menurun atau berbentuk lobang.

“Konstruksi bangunan ini tidak memadai sehinga cepat rusak. Lantai tidak padat, kayu bangunan cepat rusak, begitu juga plafon pokoknya nda bisa pakai,” ujar Thomas.  

Menurut salah seorang guru yang hampir menghabisi masa tugasnya di SMPN 9 Manado, sudah lama gedung tersebut rusak.

“Semenjak kepala sekolah yang lama belum ada perbaikan. Padahal sekarang peserta didik belajar secara daring, jadi sangat layak jika gedung tersebut diperbaiki atau dibangun kembali,” tukasnya.

Kata dia, gedung tersebut sudah dilihat oleh dinas  terkait tetapi tidak tau apa penyebabnya sehinga hanya sampai dilihat saja dan tidak ada tindak lanjutnya. (jet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call