Selama Pandemic Covid-19, SMAN 9 Manado Gunakan Microsoft Education Office 365

Kendati Masih Pandemi Covid 19, Pensiun BSG Optimis Capai Target Laba 2021
Februari 16, 2021
Daglan Buka Sosialisai Sekolah Pengerak di SMPN 1 Manado
Februari 18, 2021

MANADO, Lingmanado.com- Pandemi Covid 19 masih terus mengancam kehidupan seantero dunia. Bahkan memaksa sekolah harus ‘tutup’ dan siswa belajar jarak jauh atau secara daring.

Memasuki tahun 2021, Pandemi Covid belum juga reda sementara sebelumnya pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berencana untuk membuka sekolah tatap muka pada awal Januari lalu.

Namun ternyata belum bisa dan sekolah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh.

SMA Negeri 9 Manado yang dipimpin Kepsek Meidy Tungkagi, MSi telah  menggunakan Microsoft Education, Office 365 lebih khususnya Microsoft Teams sebagai aplikasi pembelajaran jarak jauh melalui jaringan Internet atau daring.

“Pembelajaran berlangsung lebih terorganisir, lebih mudah dan lebih menyenangkan,” kata Tungkaki.

Dikatakan, Office 365 merupakan layanan berlangganan office berbasis cloud yang menggabungkan aplikasi terbaik di kelasnya misalnya Word, Excel, Powerpoint, Outlook, One Note dengan layanan cloud yang canggih seperti OneDrive, Stream, Sway, Ekosistem pembelajaran Microsoft Teams, dan lain-lain.

Office 365 memungkinkan siswa untuk bisa belajar secara live atau langsung dengan video maupun tidak langsung.

Layanan ini bisa digunakan di perangkat mobile maupun desktop. Dengan aplikasi ini, siswa SMAN 9 Manado bagaikan belajar di sekolah. Dirumah, mereka hanya perlu mengaktifkan device mereka dan menunggu guru mereka mengajar secara online hanya di satu aplikasi. Semua terpusat dan terorganisir dengan baik.

Guru mengajar sesuai jadwal yang diberikan sekolah dan siswa mengikuti pembelajaran dengan lebih mudah, mereka tidak perlu mengisi kode, atau instruksi lainnya, tidak perlu menginstall banyak program atau kesulitan untuk memasukan tugas.

Microsoft 365 memberikan semua fitur yang dibutuhkan untuk pembelajaran daring yang lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Dengan office 365 ini juga siswa dilatih untuk lebih kreatif, kolaboratif dan aktif. Siswa sudah di persiapkan untuk masuk ke ekosistem dunia canggih yang menuntut pekerjaan dilakukan secara jarak jauh. Ekosistem Microsoft 365 digunakan lebih dari 500.000 perusahan besar di seluruh dunia, dan bukan tidak mungkin dengan menggunakan Microsoft 365, para siswa memiliki standard keahlian yang baru yang akan menjadi bekal mereka untuk bekerja di era digital nanti.

Guru-guru merasa sangat terbantu dengan ekosistem pembelajaran daring ini, guru-guru lebih mudah mengorganisir kelas mereka, lebih mudah mengontrol siswa, baik dalam pembelajaran lewat video meeting maupun melalui pemberian bahan ajar. Tugas dan ujian pun lebih efektif dilakukan di Microsoft Teams.

Microsoft 365 gratis untuk institusi pendidikan, tetapi untuk mendapat lisensi, sekolah harus mengurus beberapa dokumen, memasukan record yang di minta ke website sekolah dan bersedia melakukan proses verifikasi dari Microsoft, sekolah akan mendapat masa trial selama 6 bulan dan jika tidak lolos verifikasi maka tidak bisa menggunakan Office 365 dengan gratis.

Setiap program yang menggunakan data pasti akan ada kendala jika data internet terganggu atau putus.  Untuk mengatasi ini sekolah menyiapkan dedicated Internet Fiber Optic dari penyedia jasa Internet terbaik di SULUT, sehingga guru-guru bisa mengajar menggunakan fasilitas sekolah. Untuk siswa memang sekolah tidak bisa menjangkau untuk menyediakan Internet gratis, tapi sekolah akan mulai memberikan Kuota gratis sampai 10GB kepada seluruh siswa kurang mampu dan akan meminjamkan device kepada mereka yang tidak memiliki perangkat sama sekali.

Menurut Ketua MKKS SMA Kota Manado ini, untuk memulai pada tahun 2020 lalu memang tidak mudah, banyak siswa yang kurang mengerti dalam penggunaan. Mulai dari cara memasukan akun sampai cara memasukan tugas. walau sebagian besar sudah mengerti, ditergetkan untuk 2 bulan pertama masalah-masalah seperti itu sudah tidak ada lagi.

Begitu juga dengan guru, masih ada yang kurang mengerti menggunakan Office 365 dengan lebih efektif tapi mereka tetap terus belajar demi kemajuan pembelajaran di SMA N 9 Manado.

SMA Negeri 9 Manado selalu mencoba untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta didiknya. Termasuk dalam menetapkan ekosistem pembelajaran daring ini. Sekolah sudah mempertimbangkan beberapa aplikasi pembelajaran maupun aplikasi obrolan besar dan terpercaya seperti Google Classroom, Moodle, Edmodo, Whatsapp, Facebook, Telegram dll dan menemukan bahwa Microsoft Education Office 365, adalah program yang bisa mengakomodir semua kebutuhan pembelajaran daring.

Mengingat SMA Negeri 9 Manado adalah sekolah terbesar di SULUT, mengarahkan dan mendidik 2032 siswa secara jarak jauh tidaklah mudah, apalagi jika menggunakan program yang berbeda-beda  maka siswa akan kebingungan dalam melakukan pembelajaran. dengan Office 365 siswa merasa lebih leluasa, mudah dan merasa lebih efektif belajar.

“Terima kasih Microsoft untuk lisensi gratisnya, semoga sekolah-sekolah di SULUT lainnya bisa mencoba program ini demi kemajuan anak bangsa,” kata Tungkagi lagi. (meldi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call