Sekolah Tatap Muka 2021 Ditunda, Guru ASN di Sekolah Swasta Segera Ditarik

RSU MMC Tambah Satu Unit Ambulance
Desember 30, 2020
Atasi Kekurangan Guru, 272 Guru ASN di Sekolah Swasta Ditarik Kembali
Januari 7, 2021

MANADO,LINGMANADO.COM – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)  Manado akan segera menarik kembali guru-guru yang statusnya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kini  berada di sekolah swasta mulai pekan depan.

Hal tersebut dikatan kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Triana Almas saat pertemuan kepala-kepala sekolah SD dalam rangka  kegiatan belajar mengajar (KBM) yang suda diprogramkan Desember 2020 lalu. Namun dengan masih tingginya pandemic Covid-19 di Sulut/ Manado maka kegiatan sekolah tatap muka belum dapat dilaksanakan.

“Semua sekolah sudah siap belajar tatap muka pada awal Januari 2021. Namun karena Pandemic Covid 19 masih tinggi dan Manado masuk daerah beresiko tinggi, maka sekolah tatap muka belum bisa dilansakanakan. Kami masih menungu petunjuk dari Pemkot Manado,” kata Almas.

Terkait penarikan guru-guru ASN yang ‘dikaryakan’ di sekolah swasta, mengacu pada peraturan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN pasal 1 Ayat 1 yang berbunyi, ASN adalah profesi para pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. Hal tersebut merupakan  salah satu upaya  untuk memenuhi  kekurangan guru.

“Guru ASN yang diperbantukan di sekolah swasta sudah saatnya pulang ke asalnya. “Kalau menolak ada sangsi tegas yang diberlakukan sesuai PP 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN,” ucapnya.

Diharapkan kepada tenaga Guru yang mengajar di sekolah swasta atau yayasan segera secepatnya mengurus kepindahanya karena mumpung masih ada waktu yang cukup.

Dijelaskan, jika pada September  2021 masih ada ASN yang belum kembali maka Dinas Pendidikan Kota Manado akan menarik secara paksa. (jet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call