Pasangan AA-MT Mengerucut, Diprediksi Menang Mutlak di Pilwako Manado

Roby Lumi
SMPN 1 Manado Gelar Pertemuan dengan Orang Tua Murid
Juli 23, 2020
STIE Pioner Manado Kerjasama UKI Paulus Makasar, Buka Program S2 Management, Hukum dan Teknik
Agustus 9, 2020

MANADO,LINGMANADO.COM – Pilwako Manado menarik untuk dicermati, terutama kesiapan partai untuk memajukan jagonya agar bisa memenangkan pertarungan bergengsi di ibu kota propinsi Sulut ini. Partai Demokrat telah memajukan Mor Bastian dan Hanny Jost Pajouw sebagai kandidat, sementara ada calon JPAR-Ai serta calon independent Dr Frangky Kambey dan Dr Kiroyan, PDIP justru hati-hati memajukan calonnya.

Olly dondokambey sering menyebut Andrey Angouw yang kini Ketua DPRD Sulut atau AA untuk maju bertarung mewakili PDIP. Hanya saja Olly sedang mencari pasangan yang pas unjtuk AA. Jika calon diatas belum ada keterwakilan muslim, maka sosok Machmyd Turuis yang kini menjabat Direktur Pemasaran PT Bank SulutGo cocok dipasangkan dengan AA.

Sebab selain keterwakilan muslim yang mencapai 40 persen penduduk Manado, Mahmud juga merupakan etnis Nusa Utara yang jumlahnya tidak sedikit di bedomisili di Manado.  “Turuis adalah putra Nusa Utara yang terjaring oleh PDIP sebagai calon wakil walikota Bersama tokoh muslim lainnya. Namun melihat sosok Turuis yang luwes dan dapat diterima banyak kalangan, tidak sulit untuk bersosialisasi” kata Berty Kapoyos.

Dikatakan, jika Andey Angouw dipasangan dengan Mahmud Turuis, maka PDIP akan menang mudah di Pilwako Manado. “Pasangan AA-MT laku dijual, karena Manado sebagai kota perdagangan butuh figure professional,” kata Rudy Hermanus,SH,  Ketua DPD Gabungan Wartawan Indonesia (GWI)  Sulawesi Utara.  

PDIP, katanya memiliki kekuatan kader yang sangat solid kartena struktur partai dari DPP, DPD, DPC, PAC hingga anak ranting. Semuanya menjadi modal kuat PDIP untuk bertarung.

Kelihatan PDIP akan mendaftar di injurtime untuk membaca kekuatan lawan. Sebab PDIP ingin menang di Manado, bahkan target Olly sapu bersih di Pilkada serentak di Sulut.

Hermanus melanjutkan, jika PDIP Manado memilih ca;on wakil walikota dari kalangan muslim yang kemudian ditopang dengan kalangan etnis Nusa Utara, dipastikan bakal menang mutlak. “Pemilih Muslim di Manado sekitar 150 ribu dan etnis Nusa Utara ber KTP Manado sekitar 92.00 orang, maka modalnya sangat kuat ditambah kesolidan struktur partai dan kader hingga tingkat bawah,” ungkapnya.

Pengurus PDIP Sulut Berty Kapoyos yang juga Ketua Komisi III DPRD Sulut mengatakan, calon PDIP yang dimajukan  di Pilwako Manado kemungkinan calon internal. Namun calon eksternal juga mengerucut. “Semua terganung  petinggi partai,” katanya.

Mahmud Turuis yang ditemui beberapa waktu lalu memberi sinyal siap bertarung jika ditugaskan PDIP untuk mendampingi calon walikota yang direkomendasi DPP. “Kalau saya siap saja, tergantung pak Olly yang terkenal punya perhitungan matang untuk memajukan calon di setiap Pilkada,” kata Mahmud Turuis yang pernah menjabat Kacab BSG Tahuna, Kepala Devisi Umum dan  Direktur Kepatuhan.

Sementara itu, Andrey Angouw kini intens dan makin masih melakukan sosialisasi hingga tingkat bawah. Baliho telah dipasang di sejumlah titik strategis, pertanda ia serius maju dari PDIP. Apalagi ia punya modal suara sebagai anggota DPRD Dapil Manado dengan suara terbanyak dari semua calon dan partai yang ada. Makanya AA bisa menduduki Ketua DPRD Sulut karena peraih suara terbanyak.  (meldi s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call