Antisipasi Lonjakan Pasien, RSU MMC Bangun Gedung Lima Lantai

Orang Tua Siswa dan Guru Gotong Royong Benahi Lingkungan SDN Malalayang
November 27, 2020
SDN 50 Manado Siapkan Ujian Semester Ganjil, Kembangkan Musik Kolaborasi
Desember 1, 2020
Pembangunan Rumah Sakit

Pembangunan Rumah Sakit

MANADO,LINGMANADO.COM – Guna mengantisipasi semakin meningkatnya warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSU) Manado Medical Center (MMC), pihak management terus memaksimalkan pelayanan kepada pasien. Baik dengan meningkatkan mutu layanan, maupun peningkatan kapasitas daya tampung ruangan.

Apalagi di masa Pandemic Covid 19 dimana banyak warga yang membutuhkan layanan kesehatan, membuat daya tampung RSU MMC  perlu ditambah. “Saat ini saja, pihak management telah menambah ruang unit gawat darurat (UGD) di samping kiri halaman yang tadinya menjadi lahan parkir,” kata Direktur MMC Paldua Manado, dr Ronald Halim Ciakaren, SP.Pd kepada wartawan.

Dikatakan, di masa Pandemic Covid 19 ini, pihaknya kebanjiran pasien sehingga membuat tim medis kewalahan. Apalagi saat booming Covid yang terkontaminasi terjadi, ia sendiri sampai tidak tidur hingga pagi hari. Belum lagi mau menghadapi rekasi dari keluarga yang tidak terima ketika pasien yang  meninggal dinyatakan terkonfirmasi Covid 19.

Namun demikian, pelayanan di RSU MMC berjalan lancar karena bekerjasama dengan pihak kepolisian sehingga setiap persoalan dapat teratasi dengan baik.  “Ada keluarga pasien yang memaksa megamabil jenazah yang dinyatakan terkonfirmasi Covid 19. Tetapi semuanya bisa diatasi dengan baik,” kata Ciakaren.

Terkait peningkatan kapasitas tampung pasien, pihak management RSU MMC kini sedang membangun gedung baru lima lantai di samping kiri gedung yang ada sekarang ini. Letaknya bersebelahan atau berbatasan dengan Terminal Paldua.

Pantauan wartawan, pekerja setiap hari sibuk membangun gedung baru. Sejumlah material berupa besi, batu, pasir dan bahan bangunan lainnya sudah tersedia.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam ini, gedung baru akan digunakan untuk operasional klinik-klinik, instalasi tempat cuci darah, ruang UGD yang representatifv dan fasilitas kesehatan lainnya. “Selama ini kapasitas ruangan kami terbatas, maka perlu ada penambahan ruangan dengan membangun gedung baru,” kata jebolan Unsrat Manado ini meyakinkan.        

Langkah managemen RSU MMC membangun gedung baru dimasa Pandemic Covid 19 ini mendapat respons positif dari berbagai kalangan. Bahkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gabungan Wartawan Indonesia Propinsi Sulawesi Utara, Rudy Hermanus mengatakan, kegiatan pembangunan membawa dampak positive bagi daerah karena bisa menyerap tenaga kerja.

Sebab, saat ini banyak orang berduit tidak mau membelanjakan uangnya, tetapi hanya disimpan di bank. Namun RSU MMC tidak demikian, justru disaat warga sulit mencari pekerjaan, terbantu dengan adanya pembangunan.

“Paling tidak ekonomi keluarga bisa bergeliat dan daerah mendapatkan manfaatnya. Sebab, ketika uang dibelanjakan berdampak positif bagi pertumbuhan eknomi,” kata Hermanus.  (meldi s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call