2021, RSU MMC Pacu Gedung Baru Guna Antisipasi Lonjakan Pasien

Banjir-Tanah Longsor di Manado Telan Korban Jiwa, Satu Keluarga di Perkamil Tewas
Januari 17, 2021
Sumampuw: Orangtua Siswa Diminta Tunjang Program Sekolah
Januari 18, 2021

MANADO: Lingmanado.com- Berkaca dari pengalaman tahun 2020 dimana masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan berkualitas terus meningkat, maka Rumah Sakit Umum (RSU) Manado Medical Center (MMC) terus melakukan peningkatan pelayanan public secara maksimal.

Selain memberikan pelayanan kesehatan prima dengan melayani tanpa pandang buluh baik suku, agama dan ras, RSU MMC juga terus meningkatkan kapasitas daya tampung yang kian tidak memadai lagi saat ini akibat membludaknya  pasien yang ingin mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit yang terletak di bilangan Paldua Manado itu.

Pantauan jurnalis yang tergabung dalam Gabungan Wartawan Indonesia (GWI) Cabang Manado menunjukkan, RSU MMC setiap harinya ramai dikunjungi warga yang ingin mendapatkan layanan kesehatan. Bahkan sebagian besar pasien bahkan keluarga pasien yang dihubungi mengatakan, mereka lebih nyaman dirawat di RSU MMC.

Selain pelayanan yang diberikan cukup memuaskan, lokasinya juga strategis sehingga tidak perlu jauh-jauh untuk berobat.  “Kami merasa nyaman  mendapatkan pelayanan kesehatan di RSU MMC. Mereka tidak pandang buluh, semua pasien dilayani dengan baik,” kata beberapa pasien yang mengaku sering masuk keluar rumah sakit tersebut.

Direktur RSU MMC dr Ronald Halim Ciakaren, SP.Pd ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya belum lama ini mengatakan, pihaknya tetap komit untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan berkualitas.

Tak pelak, dr Ronald sendiri menangani langsung pasien di klinik Penyakit Dalam. Ia begitu talaten melayani pasien satu persatu, mulai dari pagi hari hingga siang hari untuk melayani pasien rawat jalan. Dan selanjutnya melayani pasien yang rawat inap, kendati ia disibukkan dengan jabatannya sebagai direktur sekaligus owner.

Lelaki murah senyum nan energik ini pun mengaku tidak masalah melayani langsung pasien. “Sudah menjadi tugas dokter untuk melayani pasien langsung,” ujar jebolan Fakultas Kedokteran Unsrat ini terus terang.

Sejumlah perawat yang ditemui membenarkan bahwa dokter Ronald tak sungkan-sungkan melayani langsung pasien. Bahkan dari pagi hinga malam hari bahkan hampir sebagian besar waktunya dihabiskan untuk memberikan pelayanan di rumah sakit.

Lebih jauh dr Ronald mengatakan, guna meningkatkan kapasitas daya tamping rumah sakit, pihak managemen kini sedang menggenjot pembangunan gedung baru lima lantai yang terletak disamping rumah sakit sekarang ini.

Sebab, saat ini RSU MMC memanfaatkan lahan parkir untuk dibangun ruang UGD karena sering membludaknya pasien. Saat ini saja ruang UGD selalu terisi penuh.

“Perlahan tapi pasti, gedung baru terus dipacu dan kini sudah melakukan pengecoran lantai satu,” kata Ronald yang pernah menjajal dunia politik sebagai caleg dalam rangka memperbaiki kualitas layanan kesehatan.

Untuk kelancaran pelayanan bagi pasien yang akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar, RSU MMC juga telah menambah satu unit ambulance merek wuiling. Demikian, RSU MMC kini memiliki dua unit ambulance sehingga bila melayani pasien lebih cepat.

Dr Ronald Ciakaren juga memaparkan, menghadapi lonjakan pasien Covid 19 yang terus meningkat saat ini, RSU MMC tetap siap memberikan pelayanan terbaik.

Hanya saja ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebab, Covid 19 sangat berbahaya namun tidak perlu ditakuti sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan baik.

“Tidak perlu takut berlebihan. Yang penting jika sakit langsung berobat. Jika tidak terlalu penting jangan keluar rumah, namun jika terpaksa harus memakai masker, rajin cuci tangan memakai sabut dan hindari kerumunan,” kata dr Roanald meningatkan.

Dikatakan, angka kematian saat ini meningkat karena masyarakat tidak patuh. Nanti pasien sudah parah baru dibawah  ke rumah sakit, akibatnya meninggal.

“ Jika merasa sakit langsung berobat agar terhindar dari situasi yang sulit dan akhirnya meninggal,” ujarnya lagi. (meldi sahensolar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call